Atasi Demam Anak

Hai Fridgers….

Bayi demam memang bikin kita sebagai orang tua jadi khawatir, karena pada umumnya bayi yang mengalami demam suka rewel, duhh… rasanya gak tega. Andai sakitnya bisa dipindahkan, pengen rasanya emaknya aja yang sakit :'( . tapi fridgers, kita sebaiknya tidak gampang panik saat bayi kita terkena demam, karena panik bikin kita tak bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi demam tersebut. dan perlu diketahui bahwa sejatinya demam itu bukan tergolong suatu penyakit loh Fridgers, karena demam itu merupakan upaya tubuh untuk melindungi diri atau melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh si anak. Terus terang saya sendiri pun sering parno kalau Shoka ( Putra saya 😛 ) mengalami demam, apalagi kalau orang tua saya udah mulai protes segala macem, yang nyuruh kedokterlah yang harus minum obatlah apalah (lho kok jadi curcol…hehehehe) kalau sekarang ini sih sudah nggak panik lagi fridgers, hasil dari pengalaman + sering baca forum tentang anak 😛

Dulu anak saya pernah mengalami demam yang disebabkan karena sedang tumbuh gigi, panasnya sekitar 39.5 decel dan walaupun sudah diberi obat penurun panas, panasnya nggak mau turun sampai ortu panik dan maksa dibawa kedokter, cuma diperiksa dikit dan dikasi resep berupa puyer ( yang nggak saya tebus 😛 ) cuma saya kasi paracetamol + seka air hangat dan ternyata eh ternyata besoknya anak saya sudah baikan alias nggak panas lagi karena giginya sudah keluar. untung aja nggak jadi saya kasi puyer. Okay saya akan bagiin sedikit pengalaman saya dan hasil baca2 di forum tentang cara mengatasi demam anak ( saat ini anak saya berusia 1 tahun).

1. Pastikan sedia termometer dirumah untuk mengukur suhu tubuh anak saat demam. karena kita nggak bisa begitu saja nentuin demam tidaknya anak hanya dengan menempelkan telapak tangan pada dahi anak, karena butuh keakuratan tuk nentuin anak sedang demam atau hanya sedang kepanasan.

2. Jika suhu anak antara 37.5 – 38.5 decel , Jangan langsung panik, kenali apa penyebab demamnya, bisa karena sedang tumbuh gigi atau gejala pilek dll. Pada suhu ini saya tidak langsung memberi anak saya dengan obat penurun panas, tapi saya langsung menyeka anak saya dengan handuk hangat pada bagian dahi, lipatan paha, perut, dan pada ketiaknya. lalu pakaikan pakaian yang tidak terlalu panas, biasanya saya cuma pakaikan kaos tipis dan celana pendek saja. dan alhamdulillah panasnya langsung turun.

3. Jika suhu anak diatas 38.5 decel saya langsung minumkan paracetamol untuk menurunkan panasnya lalu saya seka seperti pada point 2, jika panasnya tidak turun juga bisa diberikan lagi paracetamol setelah 6 jam. Terkadang saya juga berikan anak saya remasan bawang merah yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dan di oleskan pada ubun-ubun, pusar dan telapak kaki anak. Kuno sih, tapi cara ini biasanya manjur untuk anak saya.

4. Selama demam pastikan anak banyak mengkonsumsi cairan seperti susu atau sup atau air putih untuk mencegah anak mengalami dehidrasi.

5. Jika demam anak tak kunjung turun dan fridgers merasa perlu untuk membawa anak kedokter, maka segera bawa anak ke dokter spesialis anak terdekat. bagaimanapun juga Fridgers yang lebih tau bagaimana kondisi anak.

Eh udah malem aja nih, sekian dulu share nya. semoga bermanfaat

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *