Resep PIE PEPES

Hai All…. ini post kedua saya, kali ini saya mau berbagi pengalaman di dapur. Beberapa hari yang lalu nyokap masak sayur asem, lha soulmate yang cucok sama sayur asem ini ya PEPES. Tapi yang namanya pepes itu nggak jauh dari kata ribet, ya ribet bungkusinnya ya ribet juga nyari daun pisangnya coz pak sayur jaraaaanggg banget bawa yang namanya daun pisang, sedikit juga sih peminatnya si daun pisang ini :D. So, karena saking pengennya ama pepes, akhirnya terciptalah ide ini, PEPES-nya dimasak tanpa daun. hihihihi… Alhamdulillah berhasil dan so far suka deh ama hasil akhirnya, rasanya juga nggak jauh beda kok ama pepes – pepes yang di bikin secara normal. Okay, kita lanjut langsung ke resepnya yah Fridgers.

BAHAN – BAHAN

  • 3 ekor ikan Tongkol
  • 3 butir telur
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 Cabe merah
  • 2 buah Tomat uk sedang
  • 5 butir kemiri
  • daun Bawang
  • Jahe + Kunyit seujung jari
  • Gula + Garam + Penyedap rasa secukupnya

 

CARA MEMASAK

Panaskan penggorengan dan beri sedikit minyak goreng, tumis Bawang, kemiri, cabe merah, tomat, jahe dan kunyit sampai layu lalu di haluskan sambil diberi gula + garam + penyedap (boleh di ulek tau kalau males boleh juga pakai blender.tapi kalau saya pribadi lebih pilih di ulek karena teksturnya bisa agak kasar dan rasanya jadi lebih sedap dibandingkan dengan memakai blender ) setelah itu masukkan telor dan daun bawang yang sudah dipotong-potong lalu aduk pelan hinga tercampur rata.

Langkah berikutnya adalah siapkan loyang yang biasa digunakan untuk memanggang kue pie, lalu masukkan seperempat bagian bumbu yang sudah jadi tersebut dalam loyang dan ratakan, lalu tata ikan tongkol yang sudah di potong – potong diatas bumbu dan tutup dengan 3/4 bumbu yang tersisa.

Langkah terakhir, kukus adonan dalam panci panas selama kurang lebih 30 menit. Taraaaaaa setelah itu PIE PEPES siap dihidangkan tuk bersantap ria bersama dengan keluarga tercinta.

Sekian resep saya, semoga bermanfaat yaaaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *