Resep Bolu Kukus Gula Merah

image

Bahan :

– 1/4 kg Tepung terigu

– 1/4 kg Gula merah

– 1 butir telur ayam

– 1 sachet susu bubuk putih

– 1/2 sdt soda kue

–  2 gelas air kelapa

–  1 gelas minyak goreng

Cara membuat :

1. Rebus 1/4 gula merah dengan 2 gelas air kelapa ( gunakan gelas belimbing biasa ) sampai mendidih dan gula merahnya mencair. Saring, Lalu diamkan sampai benar – benar dingin.

2. Campur telur, susu, terigu, dan soda kue dalam wadah, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sambil memasukkan rebusan gula merah sedikit demi sedikit

3. Setelah semua tercampur rata, masukkan minyak, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga minyak menyatu dengan adonan.

4. Cetak adonan dalam cetakan roti kukus yang sudah di beri kertas cup.

5. Kukus selama 10-15 menit

NB :

Kue ini rasanya enak loh, suerrr… Tapi rasa manisnya tergantung dari jenis gula merah yang di pakai. Berhubung saya pakai gula merah yang biasa dan tidak terlalu manis, maka saya tambahkan 6 sendok gula putih dalam rebusan gula merah supaya rasa manisnya passs. Satu resep ini bisa jadi 16 – 24 kue, tergantung besar kecilnya cetakan yang dipakai.

Sedikit cerita nih ya, saya nyobain resep ini udah 2x gagal loh. Aishhh… Yang pertama gagal karena salah dapat resep. soda kuenya ketuker ama baking powder. Walhasil kuenya jadi super bantat trus rasanya lebih kayak jenang ketan gitu dan butuh waktu 1 jam buat ngukus biar rasanya bener2 mateng.

image

Percobaan kedua juga gagal. Karena bikinnya masih berdasarkan resep pertama alias masih pakai baking powder. Cuman di tengah jalan tiba2 sodara telpon kalau ternyata harusnya pakai soda kue bukannya baking powder. So sayang banget dong kalau adonannya dibuang, akhirnya saya paksa aja tambahin soda kue 1/2 sdt. Nah, ngembang sih, tapi dikiiit banget. Seolah jadi kuncup segan mekar tak mau. Rasanya pun jadi perpaduan antara jenang dicampur remah roti. Hehehehe

image

Baru deh percobaan ketiga berhasil dan hasilnya pun lumayan cantik. Waktu bikinnya pun cepet banget, gak sampe setengah jam udah selesai :D.

So tertarik buat nyobain resep ini? Sok atuh… Jangan lupa share disini yah kalau sukses bikinnya.

Salam

-vee-

31 Comments
  1. Anton Ashardi
    • veeashardi
  2. Belajar Cinta
    • veeashardi
  3. Matris
    • veeashardi
  4. Helda
    • veeashardi
  5. Nis
    • veeashardi
  6. khoyum
    • veeashardi
  7. Suku di Indonesia
    • veeashardi
  8. aslah
    • veeashardi
  9. Bisnis Online Gratis
  10. bunda gehan
    • veeashardi
  11. essy
    • veeashardi
  12. angelaRina
    • veeashardi
  13. asti
  14. Endah
  15. Santi
    • veeashardi
  16. andriana
    • veeashardi
  17. Mayanti Zaki
    • veeashardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *