Review Buku Cerita di Balik Noda

Judul Buku :  Cerita di Balik Noda : 42 Kisah Inspirasi Jiwa

Penulis      :   Fira Basuki

Editor         :   Chandra Gautama

Penerbit     :   Kepustakaan Populer Gramedia

Tebal           :   xii + 235 halaman

ISBN           :   978-979-91-0525-7

Harga         :   Rp. 40.000,-

 

Saya beli buku ini sudah hampir sebulan yang lalu, tapi baru sekarang sempat bikin reviewnya. hehehe sudah mefeeettt banget euuyyy kalau mau di ikutin kontes. Tapi jujur, bukunya asyik banget. Ada beberapa cerita yang bisa bikin saya mewek dengan suksesnya, seperti cerita yang berjudul “Sarung Ayah“, Kisah tentang sorang Ibu bernama Hani dan Dewi anaknya yang menyimpan kesedihan pasca meninggalnya Hendro. Suami sekaligus ayah bagi keluarga ini. Dan mereka masih menyimpan sarung almarhum tanpa mencucinya agar bau dan kenangannya tetap melekat. Aaahhhh kenapa bisa jadi gue banget ceritanya, sama seperti kisahku setelah kehilangan anak pertamaku tiga tahun lalu, sampai saat ini aku masih menyimpan baju terakhir yang dipakai almarhum anakku. Tanpa dicuci…

Lalu ada juga kisah seorang kakek bijaksana dalam “Harta Sebenarnya” dengan ide cemerlangnya mampu memberi pelajaran hidup tentang  harta yang sebenarnya dalam hidup kepada anak-anak kota yang sudah terbiasa dengan video game hanya dengan bermain di kubangan lumpur. Saya petik sedikit kata-kata sang Kakek yang menggugah hati saya 

“…Kita harus tetap ingat bahwa kita adalah manusia yang tak sempurna. kadang kegiatan yang kita geluti demikian menyenangkan, sampai – sampai kita lupa bahwa kita bisa sakit, celaka, bahkan meninggal. Jadi, sekaya atau sesukses apa pun kita, janganlah lupa diri. Tetaplah rendah hati. Jangan takabur dan tetaplah sederhana.”

Bayangkan, hanya dengan bermain lumpur, sang kakek bisa mengajarkan hal tersebut kepada cucunya yang notabene merupakan orang kota yang tak pernah bermain kotor-kotoran. Luar biasa bukan?

Tak hanya itu, masih banyak kisah lain yang justru lebih menggelitik lagi. Seperti kisah “Koki Cilik” yang mana dari noda bisa menjadi bisnis keluarga yang menjanjikan, atau kisah “Batik Kreasi Ivan”  yang justru mendatangkan ide cemerlang tentang motif batik, sehingga sang kakak bisa menang kontes desain batik. Keren banget kan? itu baru empat cerita yang saya sampaikan, masih ada 38 cerita lain lagi yang enggak kalah seru, enggak kalah keren dan yang pastinya memberikan makna yang lebih mendalam tentang noda, anak dan kehidupan. Hingga kita bisa merubah pandangan hidup kita mengenai noda yang selama ini buruk menjadi “Berani Kotor Itu Baik”

Jadi, bagi Anda yang hobby membaca cerita pendek, sedang belajar tentang parenting atau sekadar mencari sesuatu yang bisa memberi motivasi bagi diri Anda dan keluarga, buku Cerita di Balik Noda ini merupakan pilihan yang tepat dan layak untuk dibaca. Karena tak hanya sisi fiksi yang apik saja yang dihadirkan dalam buku ini, namun banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari cerita – cerita yang ada di dalamnya. Kesemua cerita pendek yang ada di buku ini memiliki satu kesamaan yaitu noda. Yups… Noda, di sini, satu kata yang menjadi musuh bebuyutan orang dewasa ini justru menjadi teman dan kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak.  Sering kita merasa jengkel bahkan marah jika anak-anak pulang dalam keadaan kotor setelah sekolah ataupun bermain. Tapi dengan membaca buku ini paling tidak kita bisa sedikit memahami makna yang coba disampaikan oleh anak – anak melalui noda. Seperti kata pembuka dengan makna tajam dalam buku ini :

Untuk para Ibu Indonesia, berani kotor itu baik

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ulas Buku Rinso Cerita di Balik Noda dan Berani Kotor itu Baik

KEB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *